9 Tips menjaga kebersihan rambut


9 Tips menjaga kebersihan rambut


Rambut yang sehat memiliki peran penting dalam menjaga kepercayaan diri seorang wanita. Tidak peduli seberapa menarik penampilan luar Anda, namun bau tak sedap dari rambut bisa bikin Anda malu. Tenang, berikut adalah beberapa langkah sederhana agar rambut jadi sehat dan menawan, seperti dilansir Boldsky.

1. Mencuci rambut 

Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih. Dengan mencuci rambut dan memijat kulit kepala, Anda bisa menjaga kesehatan dan kebersihan mahkota Anda. Namun, sangat penting untuk memilih shampo ringan yang diformulasikan untuk jenis rambut Anda.

2. Gunakan kondisioner

Pengeringan, pewarnaan, pelurusan, dan penggunaan produk kimia dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Kondisioner rambut dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan menjaga kemilau rambut tetap bersinar dan menjaga kebersihan kulit kepala.

3. Bersihkan kulit kepala

Memijat rambut dengan minyak esensial yang dihangatkan akan membantu membersihkan kulit kepala. Memijat akan membantu menghilangkan ketombe atau kotoran dari kulit kepala. Minyak juga dapat bertindak sebagai konditioner alami yang melindungi rambut supaya tidak kasar dan kering.

4. Mencuci aksesoris dan alat-alat yang digunakan untuk rambut

Mencuci sisir sangatlah penting untuk menjaga kebersihan rambut. Hindari bertukar sisir dengan orang lain. Bersihkan aksesoris rambut, seperti jepit rambut atau ikat rambut. Dengan demikian, tidak ada penumpukan kotoran yang akan menjaga kebersihan rambut Anda.

5. Jangan gunakan produk rambut kadaluarsa

Penggunaan produk kadaluarsa bisa mengakibatkan rambut rontok. Untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih, gunakan produk yang berkualitas yang belum kadaluarsa. 

6. Mengobati ketombe

Ketombe biasanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan rambut, yang selanjutnya dapat menyebabkan rambut rontok. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi ketombe dan mengobati rambut rontok. Anda dapat mencoba cara alami dan jika tidak bekerja, konsultasikan dengan dokter. 

7. Keramas jika berkeringat

Mencuci rambut setiap kali berkeringat sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati dari kulit kepala yang menumpuk akibat keringat. Keringat berlebihan juga dapat menimbulkan bau yang tak sedap. 

8. Tidak longgar, tidak ketat

Rambut yang sering digerai biasanya lebih rentan terhadap kotoran dan debu. Namun, mengikat rambut terlalu ketat dapat menyebabkan keringat berlebih. Jadi, jangan ikat rambut Anda terlalu ketat atau longgar. 

9. Selama perjalanan

Bawalah selalu tas mini yang berisi minyak, shampo dan kondisioner jika Anda bepergian selama beberapa hari. Jangan biarkan keringat tinggal di kulit kepala untuk waktu yang lama.

Ikuti tips di atas untuk menjaga kebersihan rambut Anda. Rambut yang kotor lebih rentan terhadap masalah, seperti ketombe dan rambut rontok. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak malas untuk membersihkan rambut setiap kali berkeringat.


(merdeka/25/3/13)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi