IDI: Kini 1 Dokter Bisa Tangani 100 Pasien



Jakarta - Program unggulan Pemprov DKI, Kartu Jakarta Sehat (KJS) sudah bergulir. Kritik dan pujian terus mengalir. Namun ada fenomena baru dengan munculnya KJS, seorang dokter di Jakarta kini dalam sehari bisa menangani hingga 100 pasien.

Angka itu jelas bukan sebuah hal yang patut dibanggakan. Menurut Ikatan Dokter Indonesia, idealnya seorang dokter menangani 30 pasien saja setiap harinya.

Ketua IDI, Zaenal Abidin, mendapat informasi di sebuah puskemas pernah dalam sehari harus menangani 400 pasien. Padahal puskesmas itu hanya memiliki empat dokter.

"Dalam sehari satu dokter bisa layani lebih 100 pasien, komunikasi jadi berkurang," papar Zaenal, Selasa (12/3/2013).

"Setiap pasien idealnya dilayani sekitar 15 menit. 8-10 Menit untuk berkomunikasi dengan pasien," lanjutnya lagi.

Zaenal membantah jika Jakarta disebut kekurangan dokter. Tercatat ada sekitar 10.000 dokter di Jakarta.

"Jakarta ini kota di Indonesia yang paling banyak dokternya. Tinggal bagaimana memanfaatkannya dengan baik," tegas Zaenal.

Dari analisa Zaenal, dengan kehadiran KJS, warga yang datang ke RS ada yang sakit dan sehat. Jika tidaks segera dibenahi persoalan ini, ke depan warga bisa saja datang ke rumah sakit hanya untuk memastikan dirinya sehat.

"Ke depan itu datang ke rumah sakit bukan sakit, tapi karena ingin tetap sehat," bebernya.
Untuk mengurangi itu, Pemprov DKI harus mampu menata ulang pelayanan primer. Dokter umum, klinik bahkan dokter swasta juga harus ikut dilibatkan. 

(detik/12/3/13)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi