Pheed, Twitter model baru?



Sebuah situs sekaligus aplikasi baru bernama Pheed hadir menyemarakkan kompetisi dalam dunia jejaring sosial. Analisis awal mengatakan bahwa Pheed adalah 'muka' lain dari Twitter.

sebuah startup, situs jejaring sosial sekaligus aplikasi untuk mobile bernama Pheed ikut semarakkan persaingan dalam dunia sosial media. Situs yang dalam pengucapannya disebut feed ini merupakan jejaring sosial bebas dan gratis yang dapat diakses baik menggunakan PC atau juga perangkat mobile.

Pheed pertama kali diluncurkan pada tanggal 12 Oktober 2012 lalu dan masuk di iTunes App Store pada tanggal 10 November 2012. Semenjak masuk di iTunes, Pheed sempat menjadi salah satu dari Apple's Top Chart dan menjadi salah satu dari Top 10 Free Apps selama enam minggu berturut-turut.

Pada tanggal 19 Februari 2013 lalu, Pheed berhasil menduduki peringkat pertama dalam Apple's Top Charts dalam kategori aplikasi sosial media mengalahkan Twitter dan Facebook sebagai seniornya.

Pheed adalah situs sekaligus aplikasi yang menggunakan unified platform untuk berbagi segala konten digital seperti teks, foto, audio, voice noted, video bahkan broadcasting secara real-time.

Selain dapat digunakan sebagai sarana sharing digital konten, Pheed juga dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya adalah live broadcast. 

Apabila seseorang ingin melihat broadcasting tentang suatu acara atau lainnya secara real-time, pengguna Pheed dapat menetapkan berapa biaya yang harus dibayar oleh pemirsanya.

Untuk masalah pembayaran, Pheed menjelaskan bahwa pihaknya tidak ikut campur dan segala hal adalah mutlak otoritas pengguna dengan konsumennya. 

Karena Pheed adalah jejaring sosial untuk berbagi konten, maka ada kalanya konten yang dibagikan merupakan hak milik pribadi seseorang. Oleh karenanya, pengembang Pheed juga menambahkan fitur berupa tombol Copyright di dalamnya.

Ada 3 cara untuk dapat menggunakan Pheed yaitu dengan memakai account Facebook, Twitter atau juga email. Karena baru memulai aktivitas di Pheed, tentunya tidak banyak atau bahkan sang pengguna tidak mempunyai teman. Oleh karenanya, Pheed memberikan penawaran untuk mengajak teman yang ada di Facebook, Twitter atau Gmail agar dapat ikut serta menggunakan layanan baru ini.

Ketika tim merdeka.com mencoba mendaftar dan menggunakannya, persis seperti yang pernah dituliskan di Forbes (18/10/2012), tampilan pheed kurang lebih sama dengan Twitter hanya saja sedikit lebih besar saja.

Foto-foto yang yang diunggahpun juga ditampilkan lebih besar. Ada beberapa tombol sharing di bagian atas dan di sebelah kiri ada sederet panel dengan fungsi yang berbeda.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Twitter, maka Anda tidak akan terlalu lama untuk dapat beradaptasi dengan proses pengoperasiannya.

Sampai sekarang, sudah banyak selebritis dan perusahaan terkenal yang bergabung dengan Pheed. Bagaimana dengan Anda? Tertarik bergabung dengan Pheed?


(merdeka/11/3/13)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi