Tanda Ovulasi Tepat Dapat Percepat Kehamilan


SALAH satu cara yang membantu mempercepat kehamilan seorang istri adalah dengan mengetahui kapan ovulasi yang tepat terjadi dalam tubuh Anda. Untuk mengetahui hal tersebut, ada sinyal tubuh yang harus Anda perhatikan.

Siklus ovulasi dapat dipicu oleh hormon yang dikendalikan dari kelenjar pituitary di otak. Kelenjar ini akan melepaskan hormon yang disebut FSH (follicle stimulating hormone) yang merangsang folikel dalam ovarium. Kebanyakan calon ibu membutuhkan waktu untuk menentukan waktu yang tepat kapan ovulasi akan terjadi. Ada beberapa cara untuk mengetahui kapan ovulasi itu terjadi, seperti yang dikutip dari buku Bayi tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya dr.Ivan R. Sini, SpOG, terbitan Gramedia.

Mengamati perubahan lendir mulut rahim

Volume lendir akan meningkat ketika siklus bulanan sedang berjalan. Lendir menjadi lebih licin seperti putih telur selama ovulasi.

Meningkatnya dorongan seksual

Penelitian menunjukkan meningkatnya dorongan seksual pada wnaita terjadi ketika dia sedang mengalami ovulasi.

Buah dada lebih lunak

Ini dialami wanita dimasa subur atau saat ovulasi. Ini berkaitan dengan hormon yang menyebar ke seluruh tubuh, yang menjadi tanda wanita siap hamil.

Cek suhu basal tubuh

Anda bisa melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap pagi untuk melihat pola siklus yang memberi indikasi bahwa tubuh Anda sedang mengalami ovulasi. Sebelum ovulasi turun perlahan, ini akan diikuti oleh peningkatan suhu tubuh. Begitu pola ini dikenali, masa subur setiap bulan bisa diketahui. 


Sumber : (okezone/5/3/13)
Foto : google

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi