Tawuran Antar Fakultas di UNSRAT Berawal dari Saling Ejek

Tawuran antara Fak. Hukum dan FISIP Unsrat.
foto : */bbm
Manado. Ketika mahasiswa lain sedang bergelut dengan ujian semester dan isu-isu pembangunan nasional. Mahasiswa dua Fakultas di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado malah terlibat aksi tawuran dan saling lempar. Tawuran antar fakultas di universitas kebanggaan Sulawesi Utara ini, menurut informasi dipicu hal sepele. 

Seperti dikabarkan di media massa, mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan terlibat aksi saling lempar, Rabu (12/6) dan nyaris terulang pada Kamis (13/6) sore. 

Bentrokan bermula dari ejekan, ada mahasiswi yang diejek oleh mahasiswa fakultas lain. Tidak terima sang kekasih diejek, pacar dari mahasiswi tersebut menghampiri mahasiswa yang mengejek lalu memicu perkelahian. Bentrok akhirnya melebar setelah rekan mereka dari masing-masing fakultas yakni Fak. Hukum dan FISIP saling membela dan akhirnya terjadi aksi saling lempar batu. Tawuran berhasil diredam oleh petugas Polresta Manado yang segera mengamankan beberapa mahasiswa.

Tawuran antara Fak. Hukum dan FISIP Unsrat.
foto : */bbm
Sementara itu belasan petugas keamanan Kampus Unsrat dari Kantor Pusat UNSRAT dibantu petugas keamanan dari Fak. Hukum dan Fisip melakukan penjagaan ketat disejumlah titik rawan.

"Selain melakukan penjagaan di sejumlah tempat-tempat yang sering digunakan para mahasiswa untuk berkumpul, kami juga melakukan mobile," kata Jantje Rompas salah satu petugas kemanan kampus Unsrat dilansir Tribun Manado

Petugas keamanan kampus pun terpaksa harus membubarkan sekelompok mahasiswa yang sedang asik berkumpul dipagar pembatas FISIP untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Setelah dikroscek ternyata mereka dari Fakultas Hukum Unsrat, sebelumnya di tempat berbeda kami sudah meminta mereka untuk pulang malah mereka kembali berkumpul didekat FISIP Unsrat. Kalau kondisi tersebut dibiarkan kami kuatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan saat mahasiswa Fisip keluar dari kelas mereka usai ujian," tuturnya. 

"Banyak alasan yang mereka katakan saat kami tanyakan sedang apa disitu, ada yang bilang tunggu teman dan ada juga yang bilang sedang bertemu dengan rekan perempuan mereka dari FISIP," tandasnya. 

Bahkan Humas Unsrat Daniel Pangemanan SH MH dan Pembantu Dekan I Lendy Siar SH MH turun langsung menenangkan situasi. 

Polresta Manado yang menurunkan anggotanya untuk mengamankan bentrokan antar mahasiswa akhirnya mengamankan empat mahasiswa yang diduga berperan utama dalam bentrokan tersebut, Rabu (12/6).

Hal tersebut disampaikan oleh Humas UNSRAT Daniel Pangemanan melalui sambungan telepon dirilis Tribun Manado. "Empat mahasiswa diamankan dalam tawuran tersebut. Sudah, polisi sudah mengamankan sekarang kampus sudah kondusif," kata Daniel.


Foto : */bbm  (dokumentasi tawuran yang menyebar melalui Blacberry Massenger)
Sumber : Tribun Manado

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi