Manado Kota Ekowisata dan Masalah Sampah

Manado, For Justitia

Predikat Kota Manado sebagai kota Pariwisata Dunia dan peraih piala Adipura layak dipertanyakan saat ini, sampah masih menjadi masalah klasik di kota ini. Di sisi lain kurangnya kesadaran warga betapa pentingnya hidup bersih. Pantauan For Justitia, rabu siang (02/03/2011).

Terkait masalah kebersihan, pemerintah sudah semestinya melibatkan seluruh elemen masyarakat. Jika melihat kondisi yang nyata di Manado dan Sulut pada umumnya, apalagi Manado sering menjadi Tuan Rumah buat even-even Internasional, penataan tempat sampah di pinggiran jalan tidak pada titik strategis, Dinas kebersihan perlu mencari cara-cara yang lebih inovatif untuk menangani masalah sampah.

Kembali pada masalah sampah adalah soal kesadaran dan pola hidup yang seharusnya hal ini tidak akan menjadi masalah kalau kita semua memiliki tingkat kesadaran yang “luar biasa” untuk membuang sampah pada tempat yang seharusnya. Menjadi point penting yang semestinya jadi sorotan, agar jangan lagi ada statement ”biar Dinas Kebersihan ada Kerjaan”, “ah… cuma pembungkus permen kwa..!”, “khan ada tukang sapu jalan”.

Bagaimana dengan botol air mineral, sisa makanan, pembungkus plastik dan banyak lainnya. Mengapa harus membebankan semua kepada Dinas Kebersihan dan tukang sapu jalan, lalu membuang sampah sembaragan dengan tanpa merasa bersalah. Selanjutnya rakyat kota Manado_lah yang harus bertanggung jawab untuk kotanya. (Kid'Z)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi