HMI Gelar Refleksi 85 Tahun Sumpah Pemuda

MANADO — Banyak cara yang dilakukan untuk memperingati 85 tahun Sumpah Pemuda. Salah satunya aksi pemuda dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang menggelar aksi di depan pusat perbelanjaan Manado Town Square (Mantos), Senin (28/10) sore tadi.

Refleksi 85 Tahun Sumpah Pemuda ini diikuti sekitar 30-an peserta yang terdiri dari anggota HMI Komsariat Fakultas Hukum Unsrat.

Aksi HMI di depan Mantos. Foto: Yuris Triawan
Koordinator aksi, Wandy Wijaya dalam orasinya mengatakan “melihat bentangan nilai sejarah besar pemuda negeri ini serta degradasi dalam segala aspek sosial yang terjadi pada mayoritas kaum muda kita pada era ini, kami sebagian kecil dari kalian mengajak kawan-kawan sekalian untuk merenungkan sejenak tentang apa yang harus kita perbuat sebagai pemuda pada dimensi waktu yang bersama kita jalani hari ini.”

“Sudah saatnya Pemuda Indonesia kembali bangkit untuk terus bergerak maju dalam menentukan arah gerak bangsa, tetap berkomitmen dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Sejarah telah banyak mencatat peran pemuda indonesia sejak masa pra-kemerdekaan dimana pemuda Indonesia mencetuskan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 85 tahun lalu, dari pergatian rezim-rezim penguasa negri ini, pergolakan demi pergolakan, bahkan hingga tragedi 98 dimana pemuda indonesia mampu membuktikan bahwa manifestasi kekuatan pemuda mampu meruntuhkan dinasti Soharto dan membawa kita pada era reformasi hingga hari ini,” tegas Wandy dalam orasinya.

Dari informasi yang dihimpun, peserta aksi kemudian akan melakukan long march menuju pusat kota Manado tepatnya di zero point.

Sementara itu, Krisdianto Pranoto salah satu peserta aksi yang ditemui mengatakan “sebagai pemuda yang terdidik, sudah seharusnya dengan kepekaan hati dan ketajaman pikiran melihat dan bertindak atas apa yang sedang terjadi atas bangsa kita saat ini.”

Yuris Triawan

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi