TNI Siap Dukung Polri Amankan Aksi Demo Buruh

MANADO — Mengenai seruan pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terkait aksi mogok nasional selama 3 hari berturut-turut 28 hingga 31 Oktober 2013 guna menuntut kenaikan upah minimum regional (UMR) tahun 2014 sebesar 50%.

Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Musa Bangun, menyatakan siap mendukung Polri dalam hal ini Polda Sulut, guna mengantisipasi kemungkinan terburuk dari unjuk rasa yang akan dilakukan oleh buruh di Sulut.

Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Musa Bangun. Foto: Yuris Triawan
Hal tersebut disampaikannya usai memberi materi dalam seminar FKPPI Sulut yang digelar di ruang Tribrata Mapolda Sulut, Jumat (25/10) sore.

“Kita pasti mendukung, kan Inpres No. 2 tahun 2013 sudah ada,” tegas Bangun.

Dia menambahkan dengan adanya Inpres No 2 Tahun 2013 Tentang Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri, maka instansi terkait sudah menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman.

“Dengan adanya Inpres itu kita di daerah sudah bikin MoU antara Gubernur, Kapolda, Danrem, Kajati,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu saat ditanya soal sejauhmana keterlibatan TNI dalam pengamanan tersebut, dia menegaskan bahwa hal tersebut tergantung ekalasinya nanti, sementara kalau eskalasinya damai yang terlibat adalah Kodim, Koramil, dan Babinsa.

Yuris Triawan

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi