Lalulintas Manado Belum Masuk Kategori Macet

MANADO, Arus lalulintas di kota Manado yang sering dikeluhkan warga belum masuk dalam kategori macet melainkan crowded (ramai/padat. red). Hal tersebut disampaikan Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Stephen M Napiun, di Korlantas Polda Sulut, Selasa (17/9).

Kombes Pol Stephen M Napiun. Foto: Yuris Triawan
Menurutnya, kepadatan arus lalulintas yang sering terjadi di Manado ini diakibatkan tidak tertibnya para pengguna jalan, terutama pengemudi roda empat maupun roda dua yang tidak sabaran dalam berlalulintas.

Ditambahkannya bahwa jajaran Korlantas Polda Sulut akan menjalin kerjasama kemitraan dengan beberapa instansi untuk mengatasi masalah crowded tersebut dan juga untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas yang semakin lama semakin tinggi.

Menjalin kerjasama kemitraan khususnya Korlantas Polda Sulut sangat penting guna menyiasati keterbatasan Polisi. Pihaknya juga akan berusaha untuk merubah mindset dengan membuka ruang publik seluas-luasnya untuk menerima masukan, karena menurutnya keterbukaan adalah awal dari pemulihan untuk semakin meningkatkan pelayanan publik.

Untuk menunjang program mengurangi angka kecelakaan, pihaknya akan menitikberatkan pada fungsi tindakan preemtif Kepolisian yakni menekankan pada pengimbauan dan pendekatan kepada masyarakat akan ketertiban berlalulintas. Pencegahan yang dilakukan secara dini melalui kegiatan-kegiatan edukatif dengan sasaran mempengaruhi faktor-faktor penyebab, pendorong dan faktor peluang untuk menciptakan sesuatu kesadaran dan kewaspadaan di antara pengguna jalan dan masyarakat pada umumnya.

"Kita akan melakukan teguran-teguran yang sifatnya simpati, karena ini menyangkut kenyamanan orang banyak." tutupnya.

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi