LMND Sulut Gelar Seminar Mengupas Masalah Pertambangan di Sulawesi Utara

MANADO, Bertempat di Gold Room Hotel Formosa, Kamis (19/9), Eksekutif Wilayah (EW) Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Sulawesi Utara menggelar seminar yang bertema Mengupas dan Mencari Solusi Permasalahan Pertambangan di Sulawesi Utara.

Seminar Mengupas dan Mencari Solusi Permasalahan Pertambangan di Sulawesi Utara.
Foto: Yuris Triawan
Ketua EW LMND Sulut Aryati Rahman saat ditemui okemanado.com di sela-sela seminar mengatakan bahwa alasan LMND Sulut mengangkat tema pertambangan karena melihat situasi dan kondisi di masyarakat terkait izin pertambangan yang di keluarkan pemerintah daerah, mulai dari pemerintah provinsi sampai kabupaten yang memberi izin pertambangan.

"Di beberapa daerah advokasi LMND terlihat jelas pertentangan antara harapan masyarakat dengan keinginan pemda perihal usaha pertambangan. Terjadi penolakan yang bahkan berakhir bentrok. Harus dilihat lagi sebenarnya pemda mengeluarkan izin-izin pertambangan untuk siapa dan apa, jika masyarakat saja menolak?" ungkap Aryati.

Ketua EW LMND Sulut Aryati Rahman saat membuka seminar.
Foto: Yuris Triawan
LMND menghadirkan beberapa pakar sebagai pembicara diantaranya; akademisi UNSRAT Rignolda Djamaluddin Phd mewakili Perkumpulan KELOLA, Kepala bagian Pertambangan Umum Dinas ESDM Sulut Marly Gumalag, Ketua Dewan Daerah WALHI SULUT Edo Rakhman.

Turut hadir dalam seminar tersebut antara lain Direktur AMAN Sulut Matulandi Supit, juga perwakilan dari LPM INOVASI UNSRAT, PPWI,  Walhi Sulut, AMMALTA, YDRI Manado, LBH Manado, GEMA Minahasa, CEFIL Sulut, KMPA Tunas Hijau, STAIN Manado, dan Badan Tadzkir FISIP Unsrat.


Yuris Triawan

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi