Grand Strategy Goals Pemkot Manado

Untuk mewujudkan visi “Manado Kota Model Ekowisata” (Manado Model City for Ecotourism) dan “Menjadikan Manado sebagai kota yang menyenangkan” (To make Manado a city of happiness), pemerintah kota Manado menetapkan 5 (lima) tujuan dan 20 (dua puluh) strategi untuk mewujudkan visi dan misi.

Kantor Walikota Manado.
Tujuan pertama adalah mewujudkan kehidupan masyarakat kota Manado yang berkualitas, rukun dan damai, melalui 6 strategi. Keenam strategi tersebut merupakan tanggung jawab dari BKSAUA, FKUB, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP). 

Tujuan kedua, menciptakan lingkungan perkotaan yang nyaman, melalui 4 strategi; yang merupakan tanggung jawab Dinas PU, Tata Kota, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, BLH, dan Dinas Pariwisata.

Tujuan ketiga, membangun identitas dan citra kota sebagai model ekowisata dunia, melalui 2 strategi; yang merupakan tanggung jawab Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Dinas atau badan terkait lainnya. 

Tujuan keempat, meningkatkan peran  Manado dalam pembangunan ekonomi kawasan, melalui 4 strategi, yang merupakan tanggung jawab Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta sejumlah SKPD yang terkait. 

Tujuan kelima, menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih; melalui 4 strategi, yang merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh SKPD di jajaran pemerintah kota Manado.

Visi dan misi kota Manado walaupun hanya dalam satu baris kalimat, namun sarat makna, terarah dan terukur. Perumusannya melibatkan representasi seluruh elemen masyarakat dan PNS di jajaran pemerintah kota Manado mulai dari eselon IV. 

Visi dan misi yang disusun memiliki sejumlah strategi untuk mencapai setiap tujuannya dan memiliki penanggung jawab. Perumusan visi dan misi setiap SKPD harus mengerucut atau mengacu pada visi dan misi pemerintah kota Manado. 

Menurut Walikota jika visi dan misi disatukan, maka hanya ada tiga kata, yaitu Manado aman dan nyaman. “Jika Manado aman dan nyaman, pembangunan ekonomi akan maju, pertumbuhan investasi pesat, dan rakyat akan sejahtera,” kata Walikota. 


Sumber : Manadokota[.]go[id]

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi