Kerugian Akibat Bencana di Sulut Capai Rp1,87 Triliun

MANADO -- Kerugian akibat bencana di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan mencapai sekitar Rp1,871 triliun.

"Lokasi bencana terjadi di Kota Manado, Tomohon, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Sitaro," kata Gubernur Sulut Sinyo H Sarundajang di Manado, Sabtu (18/1). Gubernur mengatakan, bencana terbesar terjadi di Manado dengan 40 titik kerusakan terparah.


kerusakan yang diakibatkan banjir di manado
Kerusakan yang diakibatkan banjir bandang di Manado. Foto: ist
Sementara itu, kata gubernur, jumlah korban meninggal dunia mencapai 18 orang yang tersebar di Manado sebanyak enam orang, Tomohon lima orang, Kabupaten Minahasa Utara satu orang, dan Minahasa sebanyak enam orang, sementara dua orang masih dalam pencarian.

Mantan Irjen Departemen Dalam Negeri ini mengatakan, warga yang terkena bencana sekitar 80 ribu orang, sementara yang mengungsi mencapai 15 ribu jiwa tersebar di gedung sekolah, gereja, kantor, rumah dan tempat lainnya. Gubernur Sulut menjelaskan, jumlah pasien rawat inap sebanyak 27 orang dan rawat jalan 706 pasien.

Dia menambahkan, sebanyak 250 rumah hanyut, selain kendaraan, kerusakan fasilitas publik, serta lima jembatan rusak. "Di Manado sebanyak sembilan kecamatan terkena banjir akibat luapan tujuh sungai yang bermuara di Kota Manado. Upaya penanganan darurat masih dilakukan dan posko yang dibangun di empat puluh titik," katanya.


Sumber: REPUBLIKA

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi