6 Destinasi Ini Konon Punya 'Air Awet Muda'


Banyak kisah yang menyelimuti destinasi wisata di Indonesia. Salah satu yang menarik adalah destinasi yang konon memiliki air yang bisa buat traveler 'awet muda'. Mau tahu di mana saja?

Beberapa destinasi di Indonesia, dipercaya memiliki air awet muda. Air tersebut bisa berupa mata air atau minuman khas. Ini 6 destinasi dengan air yang konon bisa membuat 'awet muda':


1. Gua Pindul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Terkenal dengan wisata pantainya, DI Yogyakarta juga punya wisata gua. Salah satu yang menarik traveler adalah Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karang Mojo, Gunungkidul. Banyak traveler datang untuk caving di dalam gua ini. Di gua ini wisatawan akan diajak menyusuri gua yang dialiri sungai sambil menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit.

Di balik serunya menyusuri gua, konon di dalam Gua Pindul terdapat tetesan air awet muda. Tetesan air tersebut berasal dari salah satu stalagtit yang ada di dalam gua. Stalagtit ini juga disebut sebagai ceruk mini. Konon kalau ada perempuan yang meminum tetesan air dalam ceruk ini bisa awet muda.

2. Museum Ullen Sentalu, Daerah Istimewa Yogyakarta


Masih dari DI Yogyakarta, di provinsi ini ada destinasi Museum Ullen Sentalu. Berlokasi di Jalan Boyong, kawasan wisata Kaliurang, sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, Museum Ullen Sentalu menyajikan pengetahuan tentang seni dan budaya Jawa.

Di sini memang tidak ada mata air yang bisa buat traveler 'awet muda'. Melainkan di museum ini traveler bisa menikmati minuman spesial. Ya, minuman tersebut bernama Ratu Mas. Minuman dengan resep rahasia dari 7 bahan alami ini dipercaya bisa memberi kesehatan dan awet muda. Museum ini 'wajib' Anda datangi saat berlibur di Yogya.

3. Candi Sumber Tetek, Jawa Timur


Nama candi yang terletak di lereng timur Gunung Penanggungan, Dusun Belahan, Kabupaten Pasuruan, ini memang menarik perhatian. Warga setempat juga menyebutnya sebagai Candi Belahan, atau Candi Sumber Tetek. Dinamakan begitu karena terdapat arca Dewi Laksmi yang mengeluarkan air dari payudaranya!

Air dari payudara arca Dewi Laksmi langsung turun ke kolam di bawahnya. Konon, kolam ini adalah tempat mandi para istri dan selir Prabu Airlangga. Tak jarang, banyak wisatawan yang mandi, berenang, dan berfoto dengan arca Dewi Laksmi. Konon, air yang keluar dari payudara arca Dewi Laksmi ini berkhasiat membuat awet muda.

4. Air Terjun Sedudo, Jawa Timur


Air Terjun Sedudo, terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Air terjun yang terkenal mempunyai banyak khasiat ini memang tak pernah sepi pengunjung.

Dilansir dari situs East Java, masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun ini memiliki kekuatan supranatural. Mereka percaya kalau bulan Suro dapat membawa berkah dan bisa menjadikan awet muda. Oleh sebab itu, pada bulan Suro air terjun ini ramai dikunjungi traveler guna melakukan ritual Mandi Sedudo.

Tak hanya itu, air terjun setinggi 105 meter ini juga digunakan sebagai tempat untuk upacara memandikan arca dalam ritual Parna Prahista. Lokasi ini juga suda memiliki fasilitas dan jalanan yang cukup memadai.

5. Pemandian Wendit, Jawa Timur


Masih dari Jawa Timur, ada juga Pemandian Wendit yang dipercaya bisa membuat awet muda. Tiap bulan Syawal dalam kalender Islam, destinasi yang berlokasi di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Malang ini diserbu warga setempat.

Dari sistus yang sama, penduduk lokal percaya siapa saja yang mandi di pemandian Wendit akan berumur panjang dan awet muda. Di lokasi pemandian ini terdapat beberapa ekor kera dan atraktif untuk diajak bermain.

Masyarakat setempat juga percaya kalau air di Wendit sama sucinya dengan air Widodaren di Bromo. Selain membuat awet muda, air di Pemandian Wendit juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, membuat enteng jodoh, dan murah rezeki. Lanskap hijau nan cantik pun akan menjadi hiasan selama Anda mandi di pemandian ini.

6. Taman Narmada, Nusa Tenggara Barat


Beralih ke Nusa Tenggara Barat, bertempat di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, terdapat objek wisata Taman Narmada. Taman seluas 2 hektar ini pertama kali dibangun oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karangasem, sebagai tempat alternatif untuk upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka. 

Selain itu, yang menjadi daya tarik Taman Narmada adalah kolam di dalamnya. Konon, air di kolam Taman Narmada bisa membuat awet muda lho! Mata air ini berada di dalam bangunan kecil bernama Bale Petirtaan. Tak sembarang traveler bisa langsung masuk ke dalam bale dan menikmati kesegaran air tersebut. Ada beberapa ritual yang harus wisatawan lakukan sebelumnya. 

@(detik/13/3/13)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi