2013, Warga Kota Manado Gratis Biaya Kesehatan

 Robby Motto
ist.
 Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kesehatan memprogramkan untuk tahun 2013, masyarakat Kota Manado dibebaskan dari biaya kesehatan.

 Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinkes Kota Manado, Robby Motto, dalam pembahasan penggunaan APBD 2013 bersama Komisi D, DPRD Kota Manado, Rabu (28/11).

 Dari jumlah penduduk Kota Manado 414.448.000, sebagian masyarakat telah mengikuti dan mendapatkan jaminan kesehatan, baik program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dari pemerintah, maupun asuransi swasta. Dengan rincian, masyarakat yang mendapatkan jaminan kesehatan diantaranya, Jamkesmas 80.967 jiwa, Jamkesda 37.692 jiwa, Jamsostek 20.456 jwa, Askes sosial pegawai dan keluarga 88.573 jiwa, Asabri 12.300 jiwa dan jaminan lain-lain 20.500 atau 5 persen dari jumlah warga Manado yang mengikuti asuransi swasta.

 Lanjutnya, Dengan program yang akan diterapkan pemerintah pada tahun 2013, dengan anggaran sebesar Rp 15 Miliar lebih, masyarakat yang belum menerima jaminan kesehatan akan dicover dalam program tersebut. 

 Langkah lain telah diambil dalam pemberian pelayanan kesehatan yang berbau penyakit, Puskesmas secara gratis melayani masyarakat.
Selain itu, pelayanan kesehatan masyarakat di rumah sakit, juga digratiskan khusus menempati ruangan rawat nginap kelas 3. Namun harus mengikuti prosedur yang berlaku yakni, masyarakat mendapatkan surat rujukan dari Puskesmas dan tidak mendapatkan program jaminan kesehatan dari pemerintah yang lain, serta tidak mengikuti asuransi swasta.

 Motto pun menjamin, bahwa untuk 2013 mendatang, Dinkes Kota Manado akan secara langsung mengawasi pemberian pelayanan dan obat oleh pihak Puskesmas dan Rumah Sakit. (leka)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi