Money Politic Bergulir Dalam Musda KNPI

 Pemilihan Ketua KNPI periode 2012-2015, menjadi agenda utama dalam Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Manado yang berlangsung di Hotel Sahid Kawanua. Diduga, salah satu kandidaat calon ketua, beli suara peserta untuk memenangkan hasil Musda.

 Dari sejumlah sumber dalam pentas Musda KNPI Manado, menjadi hangat dengan adanya dugaan money politik yang dilakukan salah satu calon ketua KNPI Manado. Adapun peserta-peserta yang dengan gamblangnya mematok sejumlah uang untuk mendapatkan dukungannya.

 Ketika dimintai tanggapan mengenai hal tersebut, salah satu calon yang ditemui, Jeferson Petonengan mengatakan, dirinya siap maju dan memenangkan hasil pemilihan ketua KNPI ini bermodalkan komunikasi dan dukungan tanpa bayaran. "Semua dukungan yang saya terima murni tanpa bayaran alias gratis. Jika harus membeli suara dengan uang, saya tidak memilikinya," ujar kandidat ini.

 Munculnya dugaan praktek money politik atau politik uang berlaku saat Musda KNPI Manado, dalam menentukan ketua untuk periode 2012-2015, disambut tanggapan miring anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, Richard Sualang.

 Dikatakan Sualang, Sabtu (24/11) bahwa sudah tidak heran kalau permainan uang ini terjadi saat Musda berlangsung. Karena memang sudah terbentuk pemahaman dalam organisasi KNPI harus menggunakan uang.
 Ketua komisi D, DPRD Manado ini menegaskan, sangat menyedihkan ketika KNPI yang merupakan wadah berhimpun dari Organisasi Kepemudaan (OKP), sudah terjebak dalam praktek-praktek seperti itu. Parahnya lagi yang akan menjadi produk atau hasil pengkaderan sudah seperti itu, uang menjadi panglima.
 Ditambahkan lagi, KNPI sebagai organisasi yang mengayomi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa, jika sudah terbangun dan tertanam politik uang dalam mencapai suatu kepentingan, akan berimbas ketika kader-kader KNPI memainkan peran dalam pemerintahan. Semangat kepemudaan dan idealisme kritis akan hilang, ketika pemuda mendewakan uang sebagai jalan mencapai kesuksesan. (leriando kambey)

Comments

Popular posts from this blog

Ancaman dan Keamanan pada Sistem Operasi